Selasa, 18 Desember 2012

GAYA APUNG

Gaya Apung

Gaya apungLakukan percobaan berikut.
Gantungkan sebuah beban pada dinamometer lalu catat hasil pengukuran berat beban yang ditunjukkan oleh dinamometer. Selanjutnya masukkan beban ke dalam air lalu catat berat beban yang ditunjukkan oleh dinamometer.
Bandingkan hasil pengukuran anda. Berat beban lebih besar ketika berada di dalam air atau ketika tidak berada di dalam air ? Mengapa ?  Diskusikan hasil percobaan ini dengan temanmu.
Jika percobaan dilakukan dengan benar maka hasil percobaan menunjukkan berat beban lebih kecil ketika beban berada di dalam air. Hal yang sama terjadi ketika anda mengangkat sebuah benda di dalam air dan di luar air. Benda yang diangkat di dalam air terasa lebih ringan dibandingkan beban yang sama diangkat di luar air. Berat beban lebih kecil ketika beban berada di dalam air atau benda yang diangkat di dalam air terasa lebih ringan karena adanya gaya apung yang bekerja pada benda tersebut.
Pengertian Gaya Apung
gaya apung 3Gaya apung adalah resultan gaya atau gaya total yang arahnya ke atas yang dikerjakkan oleh fluida pada suatu benda ketika benda berada di dalam fluida tersebut. Fluida adalah zat yang dapat mengalir, misalnya udara dan air.
Rumus Gaya Apung
Ketika sebuah benda berada di dalam air, air yang berada di bagian atas medorong benda ke bawah dan air yang berada di bagian bawah mendorong benda ke atas.
Rumus gaya apungBesar gaya apung :
Rumus gaya apung - 2Keterangan :
(rho) = Massa jenis air (Kg/m3), g = Percepatan gravitasi (9,8 m/s2), V = Volume benda yang tercelup di dalam air (m3), A = Luas permukaan benda (m2), h = h2 – h1 = Perbedaan kedalaman fluida yang berada di atas dan di bawah benda yang tercelup dalam air (m)
Fluida (air) yang berada di kedalaman h2 mempunyai tekanan atau gaya dorong lebih besar dibandingkan fluida (air) yang berada di kedalaman h1. Adanya perbedaan tekanan atau gaya dorong menimbulkan gaya total yang arahnya ke atas. Fluida (air) yang berada di sebelah kiri dan kanan benda mempunyai kedalaman yang sama sehingga resultan gaya sama dengan nol.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar